Desain Pemodelan Grafis : Rendering

20.33 Unknown 0 Comments

A . Pengertian Rendering (Definition Of Rendering)

Rendering merupakan sebuah proses untuk menghasilkan sebuah citra 2D dari data 3D. Proses ini bertujuan untuk untuk memberikan visualisasi pada user mengenai data 3D tersebut melalui monitor atau pencetak yang hanya dapat menampilkan data 2D.

"
Rendering is a process to produce a 2D image of the 3D data. This process aims to provide visualization of 3D data about the user through a monitor or printer can only display 2D data"

B . Metode Rendering (Method of Rendering)

1 .   Wireframe rendering
Wireframe yaitu Objek 3D dideskripsikan sebagai objek tanpa permukaan. Pada wireframe rendering, sebuah objek dibentuk hanya terlihat garis-garis yang menggambarkan sisi-sisi edges dari sebuah objek. Metode ini dapat dilakukan oleh sebuah komputer dengan sangat cepat, hanya kelemahannya adalah tidak adanya permukaan, sehingga sebuah objek terlihat tranparent. Sehingga sering terjadi kesalahpahaman antara siss depan dan sisi belakang dari sebuah objek.

"3D wireframe object is described as an object without surface. In wireframe rendering, an object formed only visible lines depicting the sides edges of an object. This method can be performed by a computer with a very fast, only drawback is the absence of the surface, so that an object looks tranparent. So frequent misunderstandings between Siss front and back side of an object "

2 .   Hidden Line Rendering
Metode ini menggunakan fakta bahwa dalam sebuah objek, terdapat permukaan yang tidak terlihat atau permukaan yang tertutup oleh permukaan lainnya. Dengan metode ini, sebuah objek masih direpresentasikan dengan garis-garis yang mewakili sisi dari objek, tapi beberapa garis tidak terlihat karena adanya permukaan yang menghalanginya. 
Metode ini lebih lambat dari dari wireframe rendering, tapi masih dikatakan relatif cepat. Kelemahan metode ini adalah tidak terlihatnya karakteristik permukaan dari objek tersebut, seperti warna, kilauan (shininess), tekstur, pencahayaan, dll.

"This method uses the fact that in an object, there is no visible surface or a surface that is covered by the other surface. With this method, an object is represented by lines representing the side of the object, but some lines are not visible because of the surface that prevented it.
This method is slower than from wireframe rendering, but still said to be relatively fast. The weakness of this method is the apparent absence of the object surface characteristics, such as color, luster (shininess), textures, lighting, etc"


3 .  Shaded Rendering
Pada metode ini, komputer diharuskan untuk melakukan berbagai perhitungan baik pencahayaan, karakteristik permukaan, shadow casting, dll. Metode ini menghasilkan citra yang sangat realistik, tetapi kelemahannya adalah lama waktu rendering yang dibutuhkan.

"In this method, the computer calculations required to perform a variety of good lighting, surface characteristics, shadow casting, etc. This method produces highly realistic images, but the drawback is that it takes a long time rendering"


SUMBER : 

0 komentar: