Desain Pemodelan Grafik : Prinsip dan Unsur Desain

17.29 Unknown 0 Comments

A . Prinsip Desain (Design Principle)
Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang Prinsip Desain dan Unsur-unsur yang ada dalam dunia desain,baiklah mari mulai dengan prinsip-prinsip desain .






1 . Kesederhanaan (simplicity)
Hal ini sangat logis demi kepentingan kemudahan pembaca memahami isi pesan yang disampaikan. Dalam penggunaan huruf sebuah berita misalnya. Huruf judul (headline), subjudul dan tubuh berita (body text) sebaiknya jangan menggunakan jenis font yang ornamental yang sulit dibaca. Desainer grafis lazim juga menyebut prinsip ini sebagai KISS (Keep It Simple Stupid). Prinsip ini bisa diterapkan dengan penggunaan elemen ruang kosong (white space) dan tidak menggunakan terlalu banyak unsur-unsur aksesoris. 

It is quite logical for the sake of convenience of the reader to understand the contents of the message. In the use of a news letter for example. Letters title (headline), subtitle and news body (body text) should not use ornamental font types that are difficult to read. Common graphic designers also call this as the KISS principle (Keep It Simple Stupid). This principle can be applied to the use of elements of the empty space (white space) and do not use too many elements accessories "

2 . Keseimbangan (Balance)
Keseimbangan adalah keadaan atau kesamaan antara kekuatan yang saling berhadapan dan menimbulkan adanya kesan seimbang secara visual. 

Balance is a state or similarity between the forces facing each other and lead to the appearance of a balanced visually "

3 . Kesatuan (unity)
Kesatuan adalah kohesi, konsistensi, ketunggalan atau keutuhan, yang merupakan isi pokok dari komposisi. Contohnya adalah ilustrasi, garis dan teks diberi raster sehingga memberikan kesan kesatuan terhadap pesan yang dimaksud.

Unity is the cohesion, consistency, singularity or wholeness, which is the main content of the composition. An example is an illustration, line and text are given raster thus giving the impression of unity against the intended message "

4 . Penekanan Aksentuasi (Emphasis Accentuation)
Penekanan dimaksudkan untuk menarik perhatian pembaca, sehingga ia mau melihat dan membaca bagian desain yang dimaksud. Kalau dalam konteks desain surat kabar ini bisa dilakukan dengan memberikan kotak raster atas sebuah berita. Hal ini akan mengesankan pentingnya berita itu untuk dibaca oleh pembaca. Atau juga membesarkan ukuran huruf pada judul berita, sehingga terlihat jauh berbeda dengan berita lainnya. Penekanan juga dilakukan melalui perulangan ukuran, serta kontras antara tekstur, nada warna, garis, ruang, bentuk atau motif.

Emphasis is intended to draw the reader's attention, so he wants to see and read the design in question. If in the context of the design of this newspaper can be done by providing raster box on a news. This will impress the importance of the news to be read by the reader. Or also raise the size of letters in the headline, so it looks much different from other news. Emphasis is also done through the loop size, and the contrast between the texture, tone color, line, space, shape or motif "

5 . Irama (Rhythm)
Irama merupakan pengulangan unsur-unsur pendukung karya seni. Irama merupakan selisih antara dua wujud yang terletak pada ruang, serupa dengan interval waktu antara dua nada musik beruntun yang sama. Desain grafis mementingkan interval ruang atau kekosongan atau jarak antar obyek. Misalnya jarak antarkolom, Jarak antar teks dengan tepi kertas, jarak antar 10 foto di dalam satu halaman dan lain sebagainya.

Rhythm is the repetition of elements supporting artwork. Rhythm is the difference between the two form located in space, similar to the time interval between two successive same musical tones. Concerned graphic design space or void interval or distance between objects. For example antarkolom distance, distance between the text with the edge of the paper, the distance between the 10 pictures on one page, and so forth "

6 . Proporsi (Proportion)
Proporsi termasuk prinsip dasar tata rupa untuk memperoleh keserasian. Untuk memperoleh keserasian dalam sebuah karya diperlukan perbandingan – perbandingan yang tepat. Pada dasarnya proporsi adalah perbandingan matematis dalam sebuah bidang. Proporsi Agung (The Golden Mean) adalah proporsi yang paling populer dan dipakai hingga saat ini dalam karya seni rupa hingga karya arsitektur. 

The proportion of such procedures including basic principles to obtain harmony. To obtain the necessary harmony in a work of comparison - an appropriate comparison. Basically, the proportion is a mathematical comparison in a field. Divine Proportion (The Golden Mean) is the proportion of the most popular and used today in the works of art to architectural works "

B . Unsur Desain Grafis (Graphic design elements)
1 . Garis (Line)
Sebuah garis adalah unsur desain yang menghubungkan antara satu titik poin dengan titik poin yang lain sehingga bisa berbentuk gambar garis lengkung (curve) atau lurus (straight). Garis adalah unsur dasar untuk membangun bentuk atau konstruksi desain. Di dalam duni a komunikasi visual seringkali kita menggunakan dotted line, solid line, dan garis putus-putus.

"A line is a design element that connects between the points points points out that the other so that it can form a curved line drawing (curve) or linear (straight). The lines are the basic elements for building or construction design form. In the duni a visual communication often we use a dotted line, solid line, and the dotted line"

2 . Bentuk (Shape)
Bentuk adalah segala hal yang memiliki diameter tinggi dan lebar. Bentuk dasar yang dikenal orang adalah kotak (rectangle), lingkaran (circle), dan segitiga (triangle).

"Shape is everything that has a high diameter and width. The basic shape is known the box, circle , and the triangle"

3 . Tekstur (Texture)
Tekstur adalah tampilan permukaan (corak) dari suatu benda yang dapat dinilai dengan cara dilihat atau diraba. Yang pada prakteknya, tekstur sering dikategorikan sebagai corak dari suatu permukaan benda, misalnya permukaan karpet, baju, kulit kayu, cat dinding, cat canvas, dan lain sebagainya.

"Texture is the surface appearance (pattern) of an object that can be assessed by means of visible or palpable. That in practice, the texture is often categorized as a pattern of an object surface, eg surface of the carpet, clothes, bark, paint walls, paint the canvas, and so forth"

4 . Ruang (Space)
Ruang merupakan jarak antara suatu bentuk dengan bentuk lainnya, pada praktek desain dapat dijadikan unsur untuk memberi efek estetika desain dan dinamika desain grafis. Dalam bentuk fisiknya pengidentifikasian ruang digolongkan menjadi dua unsur, yaitu obyek (figure) dan latar belakang (background).

"Space is the distance between a form with other forms, the practice of design can be used as an element to give effect to the design aesthetics and dynamics of graphic design. In the form of physical identification of space classified into two elements, namely the object (figure) and background "

5 . Ukuran (Size)
Ukuran adalah unsur lain dalam desain yang mendefinisikan besar kecilnya suatu obyek. Dengan menggunakan unsur ini Anda dapat menciptakan kontras dan penekanan pada obyek desain anda sehingga orang akan tahu mana yang akan dilihat atau dibaca terlebih dahulu.

"Size is another element in the design that defines the size of an object. By using these elements you can create contrast and emphasis on the object of your design so that people will know where to be seen or read first"


6 . Warna (Color)
Warna merupakan unsur penting dalam obyek desain. Karena dengan warna orang bisa menampilkan identitas, menyampaikan pesan atau membedakan sifat dari bentuk-bentuk bentuk visual secara jelas.

"Color is an important element in the design object. Due to the color could show identity, convey a message or to distinguish the nature of the forms of visual forms clearly"


SUMBER :

0 komentar: