WEB SCIENCE

21.25 Unknown 0 Comments

Pengertian Web Science


Apasih yang dimaksud dengan Web Science itu ? mari kita artikan satu per satu.

Apa itu Web
Web adalah suatu sistem di internet yang memungkinkan siapapun agar bisa menyediakan atau menampilkan informasi yang berupa statis atau dinamis,yang membentuk sebuah rangkaian yang saling terkait dimana masing-masing di hubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (Hyperlink).
dan apa itu Science 
Science adalah ilmu pengetahuan yang benar,mempunyai objek dan tujuan dan disusun secara sistematik,berkembang dengan metode ilmiah,berlaku universal dan dapat dibuktikan atau dapat diuji kebenarannya.
jadi,apa itu webscience ? jika melihat pengertian dari 2 kata diatas,mungkin kita bingung untuk mendefinisikan apa sebenarnya web science itu,jadi sebenarnya ada definisi simple-nya Web Science adalah ilmu yang mempelajari tentang Efisiensi atau pemanfaatan dari sebuah web, agar dapat dirasakan manfaat dan kegunaannya pada banyak bidang di dalam kehidupan sehari-hari.




Sejarah Perkembangan Web 


(Tim Berners-Lee)
Penemu situs web adalah Sir Timothy John “Tim” Berners-Lee sedangkan situs web yang tersambung dengan jaringan pertama kali muncul pada tahun 1991. Maksud dari Tim ketika merancang situs web adalah untuk memudahkan tukar menukar dan memperbarui informasi pada sesama peneliti di tempat ia bekerja. Pada tanggal 30 April 1993, CERN (tempat dimanaa Tim bekerja) mengumumkan bahwa WWW (World Wide Web) dapat digunakan secara gratis oleh publik.
Situs web biasanya ditempatkan pada server web. Sebuah server web umumnya telah dilengkapi dengan perangkat-perangkat lunak khusus untuk menangani pengaturan nama ranah, serta menangani layanan atas protocol HTTP yang disebut sebagai Server HTTP seperti Apache HTTP, atau internet Information Service (IIS).

Web 1.0
Dikembangkan untuk pengaksesan informasi dan memiliki sifat yang sedikit interaktif. Sifat dari web 1.0 ini adalah read. Contoh websitenya seperti situs berita cnn.com .

Web 2.0
Web 2.0 Menurut Tim O’Reilly, Web 2.0 dapat didefinisikan sebagai berikut:
“Web 2.0 adalah revolusi bisnis di Industri Komputer  yang disebabkan oleh penggunaan internet sebagai platform, dan merupakan suatu percobaan untuk memahami berbagai aturan untuk mencapai keberhasilan pada platform baru tersebut. Salah satu aturan terutama adalah membangun aplikasi yang mengeksploitasi efek jaringan untuk mendapatkan lebih banyak lagi pengguna aplikasi tersebut.” Sifat dari web 2.0 ini adalah read write.
Contoh pada Web 2.0 ini seperti jejaring sosial.

Web 3.0
Konsep web 3.0 ini dapat diandaikan sebuah website sebagai sebuah intelektualtas buatan (Artificial Intelegence). Aplikasi-aplikasi online dalam website dapat saling berinteraksi.

Perbedaan utama dari setiap generasi adalah Web 1.0 masih bersifat read-only. Pada Web 2.0 bergerak kearah read-write, sedangkan pada Web 3.0 mengembangkan hubungan manusia ke manusia, manusia ke mesin, dan mesin ke mesin.


Dan pada tahun 2006-lah Web Science didirikan dengan nama Web Science Research Initiative (WSRI). Web Science ini awalnya adalah hasil dari Memorandum of Understanding antara MIT,CSAIL dan University of Southampton, ECS. Ambisinya adalah mengkoordinasi dan mendukung sentralisasi pembelajaran World Wide Web.

Teknologi Terkini


Berbicara tentang teknologi,memang tiada habisnya ,seiring dengan berjalannya waktu teknologi pun semakin berkembang dan digunakan di segala bidang.Tetapi,teknologi terkini yang lebih sering di sorot adalah di bidang telekomunikasi dan komputerisasi,dimana teknologi tersebut makin hari makin memudahkan si pemilik untuk beraktifitas.Misalnya yang tidak asing lagi di telinga kita adalah smartphone .
(Contoh Smartphone)

Pada saat ini smartphone adalah teknologi yang paling umum di masyarakat.Gadget yang satu ini bentuknya tidak terlalu besar,tapi dapat berfungsi banyak sekali bagi penggunanya.dalam 1 buah smartphone masa kini saja ,kita sudah menemukan beberapa teknologi terkini seperti teknologi Touchscreen atau Bahasa Indonesianya adalah layar sentuh,adanya koneksi internet,kamera,dan masih banyak lagi.
Teknologi selanjutnya adalah E-Commerce atau lebih simpelnya adalah Bisnis Online ,dengan adanya teknologi internet,para pengusaha menemukan cara yang baru untuk mempromosikan bisnisnya ,yaitu dengan membuat Blog atau Website yang berisikan tentang produknya masing-masing.
Bahkan sekarang ada teknologi 4G LTE yang kecepatan internetnya berkali-kali lipat dari sekarang,di Indonesia sendiri jaringan 4G ini masih sangat sedikit,dan hanya bisa dipakai di JaBoDeTaBek.
Di bidang lain,teknologi pun banyak membantu,seperti di bidang Militer ,ada yang namanya Auto Pilot yang maksudnya adalah pesawat tanpa awak ,Di kedokteran ada dokter yang bisa mengoperasi dari jarak jauh,yaitu dengan menggunakan robot yang di kontrol oleh Joystick .
ada lagi beberapa teknologi canggih yang akan hadir atau mungkin sudah hadir namun belum di perkenalkan ke masyarakat luas,dan menurut saya ini sungguh luar biasa.Contohnya seperti :

  1. Kacamata pintar Google (Google Glass),fungsinya mirip seperti smartphone tetapi bentuknya sesuai dengan nama produk ini,yaitu seperti kacamata.
    (Tampilan dari layar Google Glass)
     
  2. 3D Printing(Teknologi Mencetak 3D) saya sendiri belum paham apa yang dimaksud dengan teknologi 3D Printing.
    (Bentuk Alat yang mencetak 3D printing)
  3. Leap Motion,Leap Motion Adalah teknologi yang bisa mengoperasikan komputer/laptop tanpa menyentuh layar lagi ,mungkin ini kelanjutan dari touchscreen ,tanpa harus menyentuh ,tapi kita bisa mengoperasikan,Leap Motion ini saya rasa mirip dengan Air Gesture yang dikenalakan oleh vendor Smartphone beberapa bulan silam.
    (Gambaran Tentang Leap Motion)
  4. Eye Tribe ,adalah menggerakan/mengoperasikan hanya dengan menggerakan bola mata kita.
    (Bermain dengan teknologi Eye Tribe)

Pengaruh Teknologi 


Pengaruh teknologi dibagi menjadi 2,yaitu positif dan negatif ,kita mulai dari yang positif :
  1. Pada E-Commerce/E-bussines atau apalah bahasa kerennya,saya menyebutnya online shop atau bisnis tanpa harus punya toko(namun ada juga yang sudah punya toko) jelas saja banyak untung nya,bagi yang tidak memiliki modal banyak seperti para pelajar dan mahasiswa,online shop adalah cara ampuh untuk berjualan tanpa harus punya toko dulu,yang perlu kita punya adalah Internet dan Gadget yang bisa menopang bisnis ,atau lebih gampangnya disibut Gadget yang masa kini(karena bisa internetan),menurut saya juga dengan adanya bisnis online ini tidak hanya penjual yang di utungkan melainkan pembeli juga,kenapa? karena barang online itu bisanya lebih murah dan langka ,di bandingkan harga toko ,pembeli juga tidak usah jalan jauh-jauh ke toko,transaksi sekarang lebih mudah,ada yang bisa transfer uang lewat smartphone juga,jadi gausah jauh-jauh ke bank.
  2. Pada AutoPilot tentu sangat menguntungkan,dimana di saat perang ,bisa meminimalisir kematian pada awak pesawat.
  3. pada kasus media sosial,pasti keuntungannya adalah bisa berkomunikasi dengan mudah dengan siapapun yang ada di dunia ini,dengan adanya situs seperti facebook atau media sosial lainnya,kita dapat berkomunikasi dengan mudah .
  4. pada Leap motion juga kita sudah tidak perlu joystick untuk memainkan permainan .
Namun ada positif,ada juga negatifnya seperti :
  1. Pada bisnis online juga memiliki sisi negatif,yaitu penipuan,barang yang di tampilkan di situs penjual tidak sama dengan kenyataannya,dan adalagi barang yang telat sampai rumah pembeli .
  2. pada kasus sosial media,mungkin ada istilah "Mendekatkan yang jauh,Menjauhkan yang dekat" ini berlaku bagi beberapa orang,pernahkan kamu Nyuekin teman di sebelah untuk chatting dengan teman yang jauh ? pasti pernah ,saya juga pernah .
  3. pada teknologi leap motion dan eye tribe,justru kelemahaannya adalah pada mata kita,mungkin mata akan cepat lelah karena terlalu dekat dengan monitor / layar dari gadget itu sendiri.  

nah itulah ulasan saya dari Web Science,Perkembangan Web,teknologi terkini,serta positif dan negatifnya teknologi yang ada.maka jadilah penikmat teknologi yang baik dan benar ,karena ketinggalan teknologi atau Gaptek itu ga asik,karena pasti diledekin ,tetapi ingatlah sesuatu yang berlebihan itu tidak baik,jadi pergunakan teknologi yang membantu kita ini dengan se baik-baik nya .



Sumber  

http://www.hongkiat.com/blog/revolutionary-products/
http://sergeantfai.blogspot.com/2011/02/apa-itu-web-science.html
http://dyaaaann.blogspot.com/2013/04/web-science.html
http://firmansyah215.blogspot.com/2011/02/apa-itu-web-science.html


0 komentar: