NEW MEDIA

20.14 Unknown 0 Comments


-TEORI-

Pengertian Internet berasal dari kata International Networking, merupakan dua komputer atau lebih yang saling berhubungan membentuk jaringan komputer hingga meliputi jutaan komputer di dunia (internasional), yang saling berinteraksi dan bertukar informasi, sedangkan dari segi ilmu pengetahuan, internet merupakan sebuah perpustakaan besar yang didalamnya terdapat jutaan (bahkan milyaran) informasi atau data yang dapat berupa teks, grafik, audio maupun animasi dan lain lain dalam bentuk media elektronik.
Dulunya internet dikenal sebagai suatu wadah bagi para peneliti untuk saling bertukar informasi yang kemudian dimanfaatkan oleh perusahaan komersil sebagai sarana bisnis mereka, pada saat ini pengguna internet tersebar di seluruh dunia dengan jumlah mencapai lebih dari 250 juta orang.
Dalam artian luas Media baru  atau New Media adalah istilah yang dimaksudkan untuk mencakup kemunculan digital, komputer, atau jaringan teknologi informasi dan komunikasi di akhir abad ke-20. Sebagian besar teknologi yang digambarkan sebagai “media baru” adalah digital, seringkali memiliki karakteristik dapat dimanipulasi, bersifat jaringan, padat, mampat, interaktif dan tidak memihak. Beberapa contoh dapat Internet, website, komputer multimedia, permainan komputer, CD-ROMS, dan DVD. Media baru bukanlah televisi, film, majalah, buku, atau publikasi berbasis kertas. Sebagian besar, teknologi new media mencakup beberapa bagian antara lain adalah teks, gambar, audio, video, dan animasi. Teks adalah suatu tampilan tulisan dari gabungan kata-kata yang tersambung menjadi kalimat. Gambar adalah sebuah struktur data yang mewakili susunan piksel warna yang ditampilkan pada layar monitor, kertas atau media tampilan lainnya. Audio adalah media yang hanya keluar sebagai suara, dan hanya bisa dijangkau dengan indera pendengaran. Video adalah suatu gabungan antara suara dengan gambar yang terhubung antara satu dengan yang lainnya pada suatu file.
Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog,jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.
Manfaat
  • Pesan yang di sampaikan tidak hanya untuk satu orang saja namun bisa keberbagai banyak orang contohnya pesan melalui SMS ataupun internet 
  • Pesan yang di sampaikan bebas, tanpa harus melalui suatu Gatekeeper 
  • Pesan yang di sampaikan cenderung lebih cepat di banding media lainnya Penerima pesan yang menentukan waktu interaksi


Jenis-Jenis Sosial Media
  • Proyek Kolaborasi= Website mengijinkan usernya untuk dapat mengubah, menambah, ataupun me-remove konten – konten yang ada di website ini. contohnya wikipedia
  • Blog = User lebih bebas dalam mengekspresikan sesuatu di blog ini seperti curhat ataupun mengkritik kebijakan pemerintah. contohnya wordpres dan blogspot 
  • Konten = para user dari pengguna website ini saling meng-share konten – konten media, baik seperti video, ebook, gambar, dan lain – lain. contohnya youtube
  • Situs jejaring sosial/ microblog =Aplikasi yang mengizinkan user untuk dapat terhubung dengan cara membuat informasi pribadi sehingga dapat terhubung dengan orang lain. Informasi pribadi itu bisa seperti foto – foto. Contoh facebook
  • Virtual game world = Dunia virtual, dimana mengreplikasikan lingkungan 3D, dimana user bisa muncul dalam bentuk avatar – avatar yang diinginkan serta berinteraksi dengan orang lain selayaknya di dunia nyata. contohnya game online. 
  • Virtual social world = Dunia virtual yang dimana penggunanya merasa hidup di dunia virtual, sama seperti virtual game world, berinteraksi dengan yang lain. Namun, Virtual Social World lebih bebas, dan lebih ke arah kehidupan, contohnya second life. 


- KASUS -

1.Pembajakan Lagu-lagu yang marak terjadi belakangan ini.
2.Keuntungan dan Kerugian dunia internet di kehidupan Musik dunia.


- ANALISA -

Pada kesempatan kali ini,saya akan sedikit membahas tentang pembajakan media,seperi yang sudah sering dijumpai di Indonesia bahkan dunia adalah pembajakan lagu.Dahulu para musisi mengandalkan penjualan CD secara fisik untuk memperkenalkan lagu-lagu mereka,namun faktanya ,lagu mereka bukan terkenal karena penjualan CD tersebut,melainkan hasil dari oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab dan secara ilegal men-download dan memperbanyak dalam bentuk VCD dan MP3 dengan harga yang relatif murah.Namun saat ini,musisi telah mengubah cara penjualan mereka dengan menggunakan media-media di dunia maya,maksudnya,mereka sudah tidak menjual lagu mereka dengan bentuk fisik( CD ),mereka menyebutnya elektronik,yaitu dengan mereka menaruh lagu-lagu mereka di situs-situs tertentu ,dan si calon pembeli hanya bisa mendengarkan lagu tersebut di situs itu aja ,atau bisa di sebut streaming ,dan hanya bisa dimiliki jika membeli lagu tersebut,situs yang di maksud adalah seperti ‘beatport.com’ atau situs yang lebih banyak dikenal didunia adalah ‘itunes’,disitus tersebut memang tingkat keamannya baik,karena software-software ‘Download Manager’ tidak bisa diakses disitus tersebut ,dan biasanya lagu yang di putar pun tidak akan sampai selesai atau full version melainkan hanya preview dan teaser nya saja agar si calon pembeli penasaran dan membeli lagu tersebut.
Ada beberapa situs yang khusus untuk band,producer,atau label untuk mempromosikan lagu-lagu mereka,seperti ‘www.myspace.com’ situs ini mulai di kunjungi oleh musisi-musisi sekitar tahun 2007/2008 ,pada tahun tersebut myspace adalah akun wajib bagi para musisi-musisi terkenal dari tanah air ataupun mancanegara.Namun seiring berjalannya waktu situs ini mulai dirasa terlalu lelet/lambat untuk streaming lagu,bahkan memang butuh waktu yang lama untuk membuka situs tersebut dikarnakan situs itu menggunakan tampilan yang sangat variatif seperti banyak gambar,dan animasi-animasi yang saya rasa tidak terlalu berpengaruh dalam mempromosikan lagunya namun hebatnya myspace kala itu adalah tidak berfungsinya download manager yang memungkinkan para pendengar untuk mendownload lagu secara gratis ,lagipula waktu jaman itu download manager tidak terlalu dikenal seperti sekarang.
Akhirnya pada tahun kurang lebih 2011,ada situs seperti myspace yang lebih ringan,dan lebih mudah untuk di operasikan ,yaitu ‘www.soundcloud.com’ pada awalnya situs ini masih banyak kekurangan ,seperti download manager yang bisa berfungsi ketika lagu di nyalakan,maka si-download manager tersebut akan menawarkan “unduh media ini (lagu)? “ jadi para musisi masih takut untuk mempromosikan lagu mereka disini ,tapi sekarang ,soundcloud telah berbenah dan melakukan update dan menjadikannya situs yang aman bagi para musisi untuk mempromosikan lagu mereka,seperti tidak bisanya download manager berfungsi dan sudah mulai terintergrasi dengan situs-situs penjualan musik online seperti yang dikatakan diatas itunes atau beatport , dan yang saya suka dari situs ini adalah kecepatan aksesnya,saya rasa untuk membuka situs ini cukup cepat dibanding dengan myspace,Tapi memang tampilannya sederhana ,dan memiliki ‘Limit’ waktu untuk free user ,yaitu hanya 1 jam per akun.Tapi 1 jam itu cukup lama untuk sebuah lagu jadi untuk yang ingin mencoba mencari label rekaman,bisa juga coba upload karya kalian disini.
Ini tampilan myspace saat ini ,sudah enak dilihat tidak seperti dulu :


Dan ini adalah tampilan soundcloud :



Lebih enak dilihat yang mana menurut kalian? Kalau menurut saya untuk tujuan utamanya mempromosikan lagu ,saya cenderung memilih soundcloud yang lebih userfriendly .


- KESIMPULAN -
Banyak sekali keuntungan dan kerugian dengan adanya media baru atau new media,memang banyak pembajakan dikarenakan mudahnya internet meng-akses situs-situs yang menyediakan layanan unduh gratis,namun pembuat situs-situs dan para musisi pun pintar dengan membuat situs yang aman dari pembajakan atau download ilegal dengan membuat website khusus untuk penjualan lagu.Hargailah karya mereka yang susah payah membuat karya itu sendiri ,tidak hanya musik ,karya yang lainnya juga harus di harhai karena saya yakin mereka membuatnya tidak semudah membajaknya .





-SUMBER -


(gambar)


0 komentar: