NEW MEDIA
-TEORI-
Pengertian Internet
berasal dari kata International Networking, merupakan dua komputer atau lebih
yang saling berhubungan membentuk jaringan komputer hingga meliputi jutaan
komputer di dunia (internasional), yang saling berinteraksi dan bertukar
informasi, sedangkan dari segi ilmu pengetahuan, internet merupakan
sebuah perpustakaan besar yang didalamnya terdapat jutaan (bahkan milyaran)
informasi atau data yang dapat berupa teks, grafik, audio maupun animasi dan
lain lain dalam bentuk media elektronik.
Dulunya
internet
dikenal sebagai suatu wadah bagi para peneliti untuk saling bertukar informasi
yang kemudian dimanfaatkan oleh perusahaan komersil sebagai sarana bisnis
mereka, pada saat ini pengguna internet
tersebar di seluruh dunia dengan jumlah mencapai lebih dari 250 juta orang.
Dalam artian luas Media baru
atau New Media adalah istilah yang dimaksudkan untuk
mencakup kemunculan digital, komputer, atau jaringan teknologi informasi dan
komunikasi di akhir abad ke-20. Sebagian besar teknologi yang digambarkan
sebagai “media baru” adalah digital, seringkali memiliki karakteristik dapat
dimanipulasi, bersifat jaringan, padat, mampat, interaktif dan tidak memihak.
Beberapa contoh dapat Internet, website, komputer multimedia, permainan
komputer, CD-ROMS, dan DVD. Media baru bukanlah televisi, film, majalah, buku,
atau publikasi berbasis kertas. Sebagian besar, teknologi new media mencakup
beberapa bagian antara lain adalah teks, gambar, audio, video, dan animasi.
Teks adalah suatu tampilan tulisan dari gabungan kata-kata yang tersambung
menjadi kalimat. Gambar adalah sebuah struktur data
yang mewakili susunan piksel warna
yang ditampilkan pada layar monitor, kertas atau
media tampilan lainnya. Audio adalah media yang hanya keluar sebagai suara, dan
hanya bisa dijangkau dengan indera pendengaran. Video adalah suatu gabungan
antara suara dengan gambar yang terhubung antara satu dengan yang lainnya pada
suatu file.
Media
sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah
berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog,jejaring sosial,
wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk
media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.
Manfaat
- Pesan
yang di sampaikan tidak hanya untuk satu orang saja namun bisa keberbagai
banyak orang contohnya pesan melalui SMS ataupun internet
- Pesan
yang di sampaikan bebas, tanpa harus melalui suatu Gatekeeper
- Pesan
yang di sampaikan cenderung lebih cepat di banding media lainnya Penerima
pesan yang menentukan waktu interaksi
Jenis-Jenis
Sosial Media
- Proyek
Kolaborasi= Website mengijinkan usernya untuk dapat mengubah, menambah,
ataupun me-remove konten – konten yang ada di website ini. contohnya
wikipedia
- Blog =
User lebih bebas dalam mengekspresikan sesuatu di blog ini seperti curhat
ataupun mengkritik kebijakan pemerintah. contohnya wordpres dan
blogspot
- Konten
= para user dari pengguna website ini saling meng-share konten – konten
media, baik seperti video, ebook, gambar, dan lain – lain. contohnya
youtube
- Situs
jejaring sosial/ microblog =Aplikasi yang mengizinkan user untuk dapat
terhubung dengan cara membuat informasi pribadi sehingga dapat terhubung
dengan orang lain. Informasi pribadi itu bisa seperti foto – foto. Contoh
facebook
- Virtual
game world = Dunia virtual, dimana mengreplikasikan lingkungan 3D, dimana
user bisa muncul dalam bentuk avatar – avatar yang diinginkan serta
berinteraksi dengan orang lain selayaknya di dunia nyata. contohnya game
online.
- Virtual social world = Dunia virtual yang dimana penggunanya merasa hidup di dunia virtual, sama seperti virtual game world, berinteraksi dengan yang lain. Namun, Virtual Social World lebih bebas, dan lebih ke arah kehidupan, contohnya second life.
- KASUS -
1.Pembajakan
Lagu-lagu yang marak terjadi belakangan ini.
2.Keuntungan
dan Kerugian dunia internet di kehidupan Musik dunia.
- ANALISA -
Pada
kesempatan kali ini,saya akan sedikit membahas tentang pembajakan media,seperi
yang sudah sering dijumpai di Indonesia bahkan dunia adalah pembajakan
lagu.Dahulu para musisi mengandalkan penjualan CD secara fisik untuk
memperkenalkan lagu-lagu mereka,namun faktanya ,lagu mereka bukan terkenal
karena penjualan CD tersebut,melainkan hasil dari oknum-oknum yang tidak
bertanggung jawab dan secara ilegal men-download
dan memperbanyak dalam bentuk VCD dan MP3 dengan harga yang relatif
murah.Namun saat ini,musisi telah mengubah cara penjualan mereka dengan
menggunakan media-media di dunia maya,maksudnya,mereka sudah tidak menjual lagu
mereka dengan bentuk fisik( CD ),mereka menyebutnya elektronik,yaitu dengan
mereka menaruh lagu-lagu mereka di situs-situs tertentu ,dan si calon pembeli
hanya bisa mendengarkan lagu tersebut di situs itu aja ,atau bisa di sebut streaming ,dan hanya bisa dimiliki jika
membeli lagu tersebut,situs yang di maksud adalah seperti ‘beatport.com’ atau
situs yang lebih banyak dikenal didunia adalah ‘itunes’,disitus tersebut memang
tingkat keamannya baik,karena software-software
‘Download Manager’ tidak bisa diakses disitus tersebut ,dan biasanya lagu
yang di putar pun tidak akan sampai selesai atau full version melainkan hanya preview
dan teaser nya saja agar si calon
pembeli penasaran dan membeli lagu tersebut.
Ada beberapa
situs yang khusus untuk band,producer,atau label untuk mempromosikan lagu-lagu
mereka,seperti ‘www.myspace.com’ situs ini mulai di kunjungi oleh musisi-musisi
sekitar tahun 2007/2008 ,pada tahun tersebut myspace adalah akun wajib bagi para musisi-musisi terkenal dari
tanah air ataupun mancanegara.Namun seiring berjalannya waktu situs ini mulai
dirasa terlalu lelet/lambat untuk streaming lagu,bahkan memang butuh waktu yang
lama untuk membuka situs tersebut dikarnakan situs itu menggunakan tampilan yang
sangat variatif seperti banyak gambar,dan animasi-animasi yang saya rasa tidak
terlalu berpengaruh dalam mempromosikan lagunya namun hebatnya myspace kala itu
adalah tidak berfungsinya download manager yang memungkinkan para pendengar
untuk mendownload lagu secara gratis ,lagipula waktu jaman itu download manager
tidak terlalu dikenal seperti sekarang.
Akhirnya
pada tahun kurang lebih 2011,ada situs seperti myspace yang lebih ringan,dan
lebih mudah untuk di operasikan ,yaitu ‘www.soundcloud.com’
pada awalnya situs ini masih banyak kekurangan ,seperti download manager yang
bisa berfungsi ketika lagu di nyalakan,maka si-download manager tersebut akan
menawarkan “unduh media ini (lagu)? “
jadi para musisi masih takut untuk mempromosikan lagu mereka disini ,tapi
sekarang ,soundcloud telah berbenah dan melakukan update dan menjadikannya
situs yang aman bagi para musisi untuk mempromosikan lagu mereka,seperti tidak
bisanya download manager berfungsi dan sudah mulai terintergrasi dengan
situs-situs penjualan musik online seperti yang dikatakan diatas itunes atau
beatport , dan yang saya suka dari
situs ini adalah kecepatan aksesnya,saya rasa untuk membuka situs ini cukup
cepat dibanding dengan myspace,Tapi memang tampilannya sederhana ,dan memiliki
‘Limit’ waktu untuk free user ,yaitu
hanya 1 jam per akun.Tapi 1 jam itu cukup lama untuk sebuah lagu jadi untuk
yang ingin mencoba mencari label rekaman,bisa juga coba upload karya kalian
disini.
Dan ini
adalah tampilan soundcloud :
Lebih enak
dilihat yang mana menurut kalian? Kalau menurut saya untuk tujuan utamanya
mempromosikan lagu ,saya cenderung memilih soundcloud yang lebih userfriendly .
- KESIMPULAN -
Banyak
sekali keuntungan dan kerugian dengan adanya media baru atau new media,memang banyak pembajakan
dikarenakan mudahnya internet meng-akses situs-situs yang menyediakan layanan
unduh gratis,namun pembuat situs-situs dan para musisi pun pintar dengan
membuat situs yang aman dari pembajakan atau download ilegal dengan membuat
website khusus untuk penjualan lagu.Hargailah karya mereka yang susah payah
membuat karya itu sendiri ,tidak hanya musik ,karya yang lainnya juga harus di
harhai karena saya yakin mereka membuatnya tidak semudah membajaknya .
-SUMBER -
(gambar)
0 komentar: