E-Commerce & E-Business
E-Commerce , mungkin sudah tidak asing lagi telinga kita mendengar kata tersebut ,jadi sebenarnya apa sih E-Commerce itu? E-Commerce sendiri merupakan akronim dari Electronic Commerce yang secara harifah dapat diartikan sebagai perdagangan elektronik.
Sederhananya, kita bisa menyebutnya perdaganan / transaksi jual-beli barang maupun jasa dengan media elektronik.
- 1. Perdagangan barang maupun jasa yang menggunakan komputer dan terkoneksi dengan internet.
- 2. Berbagai kegiatan bisnis online untuk produk dan jasa.
- 3. Segala bentuk transaksi bisnis dengan pihak pelaku berinteraksi secara elektronik alih-alih pertukaran/kontak fisik secara langsung.
- 4. Transaksi bisnis yang mencakut perpindahan hak kepemilikan barang/jasa melalui jaringan yang di hubungkan melalui komputer.
- 5. Penggunaan komunikasi elektronik dan teknologi pemrosesan informasi digital dalam transaksi bisnis untuk membuat, mentransformasikan, mendefinisikan kembali hubungan nilai dan organisasi , serta hubungan dan individu.
Secara umum E-Commerce mempunya beberapa jenis ,yaitu :
- 1. Business to business (B2B) : Transaksi tejadi antar perusahan
- 2. Business to Consumer (B2C) : Transaksi terjadi antara perusahaan dengan konsumen.
- 3. Business To Goverentment(B2G) : Transaksi terjadi antara perusahaan dengan sektor publik/instansi pemerintahan.
- 4. Consumer to Consumer(C2C) : Transaksi terjadi antara individu.
- 5. Mobile Commerce (m-commerce) : Transaksi Menggunakan media mobile (ponsel).
E-Business
E-Business adalah kegiatan bisnis yang dilakukan secara otomatis dengan memanfaatkan teknologi elektronik seperti komputer dan internet. E-Business memungkinkan suatu perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan eksternal secara lebih efisien dan fleksibel.
Apa perbedaan E-Commerce & E-Business ?
Sedangkan pada E-Business digunakan untuk mengembangkan organisasi bisnins.
E-Commerce ,menguntungkan atau merugikan?
Ya ,pasti E-commerce memiliki keuntungan dan kerugian ,apa keuntungan dan kerugian nya?
Kelebihan E-Commerce
Ada tiga aspek kelebihannya, yaitu:
1. Kelebihan bagi organisasi
a. Dapat memperluas pasar hingga pada taraf global/International
b. Mengurangi biaya pembuatan, pendistribusian, pengambilan dan pengelolaan
c. Meningkatkan Brand perusahaan
d. Dapat menyediakan pelayanan kepada pelanggan yang lebih baik
e. Mempercepat dan efesiensi proses bisnis
b. Mengurangi biaya pembuatan, pendistribusian, pengambilan dan pengelolaan
c. Meningkatkan Brand perusahaan
d. Dapat menyediakan pelayanan kepada pelanggan yang lebih baik
e. Mempercepat dan efesiensi proses bisnis
2. Kelebihan bagi pelanggan
a. Dapat memberikan layanan tanpa ada batasan waktu 1 x 24 jam
b. Mampu memberikan pilihan serta kecepatan dalam pengiriman
c. Dengan banyaknya pilihan pelanggan dapat membandingkan harga satu dengan lainnya
d. Dapat melakukan review komentar terkait produk
e. Dapat memberikan informasi lebih cepat
b. Mampu memberikan pilihan serta kecepatan dalam pengiriman
c. Dengan banyaknya pilihan pelanggan dapat membandingkan harga satu dengan lainnya
d. Dapat melakukan review komentar terkait produk
e. Dapat memberikan informasi lebih cepat
3. Kelebihan bagi masyarakat
a. Tidak perlunya perjalanan dalam kegiatan jual beli
b. Dapat mengurangi biaya produk, sehingga harga seharusnya dapat lebih terjangkau
c. Dapat membantu pemerintah dalam pemberian pelayanan publik
Kekurangan E-Commerce
Sementara kekurangannya dalam dua aspek, yakni:
1. Kekurangan dari segi teknis
a. Jika emplementasi buruk maka dapat terjadi kelemahan keamanan, keandalan dan standar sistem yang ada
b. Perubahan/perkembangan industri perangkat lunak sangatlah cepat
c. Jika terjadi kendala pada bandwidth, maka dapat terjadi kegagalan TI
d. Kesulitan dalam integrasi sistem
e. Terjadi masalah pada kompatibilitas sistem
b. Perubahan/perkembangan industri perangkat lunak sangatlah cepat
c. Jika terjadi kendala pada bandwidth, maka dapat terjadi kegagalan TI
d. Kesulitan dalam integrasi sistem
e. Terjadi masalah pada kompatibilitas sistem
2. Kekurangan dari segi non-teknis
a. Mahalnya biaya pembuatan/pembangunan sebuah sistem E-Commerce
b. Tingkat kepercayaan pelanggan yang kurang terhadap situs E-Commerce
c. Sulitnya untuk memastikan keamana dan privasi dalam setiap transaksi secara online
d. Kurangnya perasaan dalam kegiatan jual beli
e. Aplikasi ini terus berkembang dengan sangat cepat
f. Masih belum murah dan amannya akses Internet pada suatu negara tertentu.
b. Tingkat kepercayaan pelanggan yang kurang terhadap situs E-Commerce
c. Sulitnya untuk memastikan keamana dan privasi dalam setiap transaksi secara online
d. Kurangnya perasaan dalam kegiatan jual beli
e. Aplikasi ini terus berkembang dengan sangat cepat
f. Masih belum murah dan amannya akses Internet pada suatu negara tertentu.
Sumber :
http://switchstanceit.com/images/ecommerce.jpg (gambar)
http://www.agateseo.com/bingung-apa-itu-e-commerce-berikut-penjelasannya/
http://octianaeni.blogspot.co.id/2013/10/definisi-e-business-dan-perbedaannya.html
http://www.nurulfikri.ac.id/index.php/artikel/item/667-kelebihan-dan-kekurangan-e-commerce
0 komentar: